5 Oleh-oleh Khas Gresik Yg Terkenal

Posted by Administrator

 

  1. Jubung

Makanan pertama namanya Jubung. Dibuat dari bahan ketan hitam yang ditaburi wijen. Kemudian, dibungkus dengan selongsong dari daun pohon pinang muda, yang dianyam berbentuk gelas kecil. Proses membuat Jubung terbilang cukup lama, bisa memakan waktu hingga 24 jam penuh.

Proses membuatnya dengan cara menggiling, lalu merendam ketan. Kemudian dimasak, lalu dibungkus. Untuk menghasilkan Jubung dengan citarasa yang tinggi, diperlukan waktu sekitar 6 jam untuk memasak adonan, loh. Itulah mengapa, juru masak Jubung biasanya adalah kaum laki-laki, karena prosesnya yang sangat berat, 6 jam mengaduk adonan tanpa henti!

Anda bisa mendapatkannya di toko Jenang Jubung Mutiara Rasa Pak Temon
yang ada di Jl. Kh. Abdul Karim No.7 Gresik.

2. Otak-otak Bandeng

Oleh-oleh selanjutnya adalah Otak-Otak Bandeng. Makanan khas Gresik yang satu ini memiliki citarasa yang unik dan mudah ditemukan di kota tersebut. Sebab, otak-otak ini merupakan salah satu jenis olahan rumahan (home industry) yang banyak ditemukan di Gresik loh.

Otak-otak Bandeng dibuat dengan cara daging diambil dari dalam tubuh ikan, tanpa merobek kulitnya. Lalu, dipisahkan antara daging dengan duri, kemudian dicampur dengan santan dan bumbu khas, lalu dikukus di dalam oven. Uniknya, pembungkus adonan daging tadi adalah kulitnya yang di awal dijaga agar tidak robek.
Toko oleh-oleh Bu Muzanah Store,  tempat itu adalah juaranya otak-otak Bandeng untuk oleh-oleh. Tapi, bila Anda ingin makan otak-otak Bandeng ini di restoran Gresik, maka lokasi yang kita rekomendasikan adalah Restoran Pak Elan, lokasinya berdekatan dengan Bu Muzanah Store. Harga per porsinya adalah Rp 35.000.

3. Bonggolan

Bonggolan adalah cemilan yang dibuat dari bahan tepung kanji, terigu, bawang merah, bawang putih, dan sari ikan. Biasanya, ikan yang digunakan untuk dibuat Bonggolan adalah ikan Payus atau Plaosan. Dua jenis ikan tersebut masih kerabat dekat dengan ikan Bandeng.

Makanan satu ini biasa ditemukan didaerah Kecamatan Sidayu, Gresik. Bentuknya seperti bulatan panjang, seperti batang pohon yang sering disebut dalam bahasa Jawa dengan nama Bonggol yang jadi muasal penamaan Bonggolan. Ada jenis Bonggolan yang diiris tipis, dijemur lalu digoreng seperti makan kerupuk. Ada juga yang dikukus baru dimakan. Terserah Anda bagaimana cara memakannnya, sesuai selera.

Nah, bila Anda ke Gresik sempatkanlah untuk berkunjung ke Sedayu. Di sana Anda bisa dengan mudah menemukan Bonggolan yang dijual warga setempat. Harganya juga terjangkau hanya Rp 5.000.

4. Pudak

Ini dia makanan Pudak yang sudah disebut-sebut sejak awal. Yup, kota ini sering juga disebut dengan Kota Pudak, selain sebutan Kota Santri. Hal ini karena adanya Pudak, yang merupakan kue dari bahan tepung beras, sagu, santan, gula pasir dan gula jawa yang rasanya manis, legit dan nikmat. Makanan ini adalah makanan khas Gresik yang disukai banyak orang, dan begitu terkenal, juga aroma daun pandannya yang begitu terasa.

Bungkus Pudak disebut Ope, yang merupakan lembaran pangkal pelepah daun pinang. Cara membuat Ope ini juga unik, dengan cara dikeringkan dulu, lalu disulam dengan benang, menjadi seperti dompet kecil, untuk membungkus Pudak.

Ada juga Pudak Sagu, yakni Pudak berbahan sagu. Berbeda dari Pudak sebelumnya yang dibuat dari bahan tepung beras. Awalnya, hanya ada tiga rasa Pudak, sesuai dengan bahan pembuatannya. Ada Pudak Sagu yang terbuat dari sagu, Pudak Putih yang terbuat dari gula pasir, dan Pudak Merah yang terbuat dari gula jawa. Setiap Pudak memiliki citarasa yang berbeda. Tapi, sekarang sudah muncul Pudak Pandan dengan rasa dan aroma sari daun Pandang dan hijau warnanya, juga muncul juga Pudak dengan rasa lainnya yang lebih kreatif.

Ingin menikmati Pudak? Anda bisa membelinya di sejumlah toko oleh-oleh di kawasan Jalan Sindujoyo Gresik. Harganya, mulai dari Rp 15.000 sampai Rp 20.000 per renteng (10 bungkus).

5. Ndog Bader

Makanan selanjutnya adalah Ndok Bader. Makanan yang satu ini dengan mudah bisa Anda temukan di jalan-jalan Pasar Gresik, dimulai dari Jalan Samanhudi Gresik. Ndok berarti telur, sedangkan Bader adalah ikan Bader. Jadi Ndok Bader adalah makanan yang dibuat dari bahan telur ikan Bader dicampur dengan bumbu-bumbu lalu digoreng sampai matang.

Rasanya nikmat, ada pedas-pedasnya, ada asam, asin, gurih dan semuanya berpadu menjadi satu. Rasanya memiliki sensasi tersendiri. Harganya juga murah, Anda bisa mendapatkan seharga Rp 15.000 per ons.

jika anda berkenan untuk mengirimkan paket anda, anda bisa berkunjung ditempat kami JET Express Griyo Mapan Blok EA V No.27 atau jika anda ingin menghubungi kami anda bisa wa 08113442900 atau email ke jet.griyomapan@gmail.com, kami siap membantu anda! Kini kami pun menerima pembayaran PLN, PDAM, Pembayaran GAS Negara, Voucher Game Online, Tagihan TV Kabel, Telkom Indihome, Pembayaran Cicilan/Leasing, Pembayaran BPJS, Ponsel Pasca Bayar, Pembayaran Kartu Kredit, Top Up E-Money, Pulsa dan Paket Data, Booking Tiket Kereta,Pesawat,dan hotel.

Tinggalkan Balasan

Selamat datang di JET Kurir Griyomapan
Send via WhatsApp